Share This Story !

BEKASI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi memberikan pembekalan pembinaan peningkatan kapasitas pengelolaan BUMDesa terhadap pemerintah desa se-Kab. Bekasi bertempat di ballroom Hotel Grand Cikarang Kabupaten Bekasi, Senin (26/10).

Acara tersebut menghadirkan pemateri dari Institute Teknologi Sains Bandung (ITSB), Unisma dan DPMD Kab. Bekasi.

Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa DPMD Kabupaten Bekasi, Harry Ubayana dalam pembukaan acara mengatakan BUMDesa adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa sebagai upaya untuk memperkuat perekonomian desa. Pembentukannya ini berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa itu sendiri. UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Desa Pasal 213 ayat (1) “Desa dapat mendirikan badan usaha milik desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa” dan PP No. 72 tahun 2005 tentang Desa merupakan acuan landasan dasar hukum berdirinya BUMDesa.

Kepala DPMD Kabupaten Bekasi Hj. Dra. Ida Farida, M.si dalam amanatnya mengatakan bahwa potensi desa ada 2 unsur, yakni fisik dan nonfisik. Fisik seperti jembatan, infrastruktur dan sejenisnya. Adapun nonfisik seperti budaya, inovasi dan perangkat desa.

“Hari ini saya sengaja mengundang Bumdesa dan pihak desa agar bisa mengetahui potensi apa saja yang ada di desa,” ucapnya.

Dirinya berharap Bumdesa yang ada di Kabupaten Bekasi bisa seperti Bumdesa lainnya di wilayah lain seperti Jawa Tengah yang mampu menghasilkan PADes hingga miliaran rupiah.

“Tujuan pendirian BUMDesa ini diharapkan dapat meningkatkan beberapa sektor seperti perekonomian desa, pendapatan asli desa, pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa,” tandasnya

Hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 120 Direktur Bumdesa didampingi Kepala Desa, diantaranya Bumdesa Hegarmukti Lestari Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat. (Yan)

By Politika

https://youtu.be/ok4Pu43LmVU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *